Jumat, 06 Desember 2013

Topic 08 - Kolaborasi dan Partisipasi Media Sosial


-       Manusia berkolaborasi karena bersifat memuaskan atau produktif
-       Kolaborasi dapat menghasilkan tujuan atau tujuan yang berkaitan dengan pekerjaan
secara murni
-       Memahami proses dan strategi dari partisipan memfasilitasi analisis dari keadaan
yang berbeda-beda untuk interface kolaboratif
o   Persekutuan yang terpusat
o   Pembelajaran atau demonstrasi
o   Konferensi
o   Proses kerja yang terstruktur
o   Dukungan pertemuan dan keputusan
o   E-Commerce
o   Tele-demokrasi
 (metode edukasi dengan menyediakan akses ke database dan
juga memfasilitasi sistem pemungutan suara elektronik)
o   Komunitas online
o   Kolaboratori
(melakukan tugas bersama-sama serta saling bertukar informasi
dan sumber daya antar partisipan tanpa memperhatikan letak geografis
masing-masing partisipan)
o   Telepresence
 (seperangkat teknologi yang membuat seseorang merasa bahwa
dirinya hadir dalam suatu pertemuan atau diskusi, contohnya adalah video
conferencing)
Asynchronous Distributed Interface : Berbeda tempat, berbeda waktu
-       Email
o   Dapat terstruktur dengan terlalu longgar
o   Terkadang terlalu melimpah
o   Tidak tetap
·       Peralatan
·       Penyaringan
·       Pengarsipan
·       Mailing List
·       Kelompok Diskusi

-       Biasanya hanya berupa tulisan, namun semakin melibatkan objek lain
·       yang terstruktur
·       Grafik
·       Suara
·       Animasi
·       Web Pointer
·       Video
-       Email pada perangkat genggam
-       Direktori Online
-       Layanan web dengan email
-
 Newsgroups, listservers, discussion boards, konferensi-konferensi, media social wiki
-       Diksusi elektronik yang terpusat untuk sekelompok orang
-       USENET newsgroups
·       Setiap kelompok memusatkan pada sebuah topik
·       Seperti ordered posting pada bulletin board
·       Pengguna dapat membaca catatan sebelumnya dan komentar yang terkait
·       sesuka hati
·       Terbuka kepada semua

-       Listserv
·       Harus berlangganan untuk menerima pemberitahuan email
·       Dapat dimoderasikan oleh ketua
·       Dapat berupa mail reflector (mengirimkan email kepada setiap tujuan
yang terdapat dalam daftar distribusi)
·       Pengguna dapat dibanjiri dengan email listserv
·       Mesin server menyimpan arsip atau catatan lama serta daftar pelanggan

-       Konferensi online
-       Majalah dan newsletter online
-       Web-log / blogs dan wiki

- Online dan Networked Communities
·       Identitas Kelompok
·       Kelompok dukungan pasien
·       Pengaruh terhadap komunitas offline
·       Kebijakan komunitas dan kebebasan berbicara
·       Komunitas network dapat bersifat kontroversial (mendapat penolakan publik)
o   Hacker
o   Hate Groups
o   Para-military Groups (organisasi militer yang tidak disahkan oleh negara
sebagai organisasi resmi negara)
·       Pelajaran jarak jauh
·       Reputation manager untuk toko online

Synchronous Distributed Application
-       Group editing
-       Layar berbagi untuk bantuan pelanggan
-       Memberikan demonstrasi pada beberapa website secara bersamaan
-       Memungkinkan pembagian informasi untuk aplikasi yang berbeda
-       Game yang menarik
-       Chat, instant messaging, dan texting
·       CHAT, Internet Relay Chat (IRC) dan TALK
-       Flamer (pelaku tindakan penghinaan antar pengguna yang melibatkan kata kasar)
-       MUDs
-       Instant Messaging
-       LOL
-       Twitter
-       Texting and cell phones
- - Konferensi Audio dan Video

Konferensi  Audio dan Video
-       Konferensi Video
·       Tanggapan yang lambat untuk memasuki dan meninggalkan sesi
·       Audio latar yang mengganggu
·       Kesulitan untuk menentukan siapa yang berbicara
·       Penerangan yang tidak memadai
·       Kesulitan untuk melakukan kontak mata
·       Status sosial yang berubah
·       Ukuran gambar yang kecil
·       Berpotensi terjadinya gangguan privasi
·       Membutuhkan pergantian giliran yang nyaman
·       Membutuhkan pembagian dokumen
 - Isu kepemilikan dan pengendalian
·       Workspace publik dan pribadi
·       Identitas partisipan
·       Lokasi tindakan
·       Kepedulian akan pembaruan

Face-to-face interface : Waktu yang sama, tempat yang sama
-       Pembagian tampilan dari workstation pengajar
-       Audience response unit
-       Text-submission Workstation
-       Brainstorming, voting dan ranking. Keuntungan dari sistem pertemuan elektronik :
·       Komunikasi paralel memberikan input yang lebih luas ke dalam proses
pertemuan dan mengurangi kesempatan dominasi kelompok kecil dalam
pertemuan tersebut
·       Orang yang tidak dikenal mengurangi pemahaman evaluasi dan penyesuaian
tekanan, sehingga isu akan didiskusi secara terang-terangan
·       Ingatan kelompok yang dibangun oleh partisipan memungkinkan mereka
untuk berhenti dan merefleksikan informasi dan opini yang lain dalam
pertemuan dan bertindak sebagai rekaman permanen akan apa yang terjadi
·       Struktur proses membantu memfokuskan kelompok pada isu utama dan
menghambat penyimpangan yang tidak berhubungan serta tindakan yang
bersifat tidak produktif
·       Struktur dan dukungan pekerjaan menyediakan informasi dan pendekatan
melakukan analisis
-       File Sharing
-       Shared Workspace
-       Aktivitas kelompok
-       Colab dan Liveboard
-       SMART Board
-       Ruangan publik memfasilitasikan proses berbagi
-       Berbagi foto sangat populer dilakukan
-       Sistem pemberitahuan

-       Electronic Classrooms
-       Pengalaman pembelajaran individual secara aktif termasuk penggunaan
perangkat lunak dalam kelas untuk
·       Menulis karangan dalam bahasa Inggris atau puisi dalam bahasa asing
·       Menemukan anteseden dari impresionisme dalam suatu perpustakaan
sejarah seni dari 9000 gambar
-       Kelompok kecil dan besar
-       Mengubah cara mengajar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar