Apa yang dimaksud dengan Interaksi
Manusia dan Komputer atau lebih dikenal dengan Human Computer Interaction ?
Definisi menurut ACM SIGCH, Interaksi Manusia dan Komputer atau lebih dikenal
dengan Human Computer Interaction adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan (desain),
evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan
oleh manusia.
User
interface adalah bagian
dari sistem komputer interaktif yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi
dengan komputer.
Contoh:
· Aplikasi desktop kini memungkinkan
komunitas pengguna yang luas untuk mempersiapkan pengguna konten yang
dihasilkan bagi jutaan pengguna WWW.
· Berbasis web jejaring sosial dan
aplikasi media sosial adalah accesible melalui miliaran perangkat mobile.
· User-Interface menghasilkan cara-cara
baru untuk bekerja, untuk bersaing, untuk, berkolaborasi, untuk pertempuran di
semua aspek kehidupan, untuk meningkatkan kegunaan (usability).
Menurut ISO / IEC 9126 usability adalah seperangkat atribut
yang dikenakan pada usaha yang diperlukan untuk digunakan.
Pada penilaian penggunaan tersebut, dinyatakan dari pengguna perangkat tersebut.
Atribut dari usability:
1.
Understandability
2.
Learn
ability
3.
Operability
4.
Attractiveness
Usability Goals and Measures
The ISO 9241 - Usability goals focus pada:
1.
effectiveness
2.
efficiency
3.
satisfaction
Usability measures (5 Faktor yang mempengaruhi tingkat usability):
1. Time to learn (Waktu untuk
mempelajarinya)
2. Speed of performance(Kecepatan
kinerja)
3. Rate of errors by users(Persentase
kesalahan oleh pengguna)
4. Retention over time(Daya
penyimpanan seiring waktu)
5. Subjective satisfacation (Kepuasan
subjektif)
Usability Motivation
·
Life-critical systems
Biayanya tinggi
Kehandalan dan
kemampuan sangat diharapkan
Waktu untuk periode pelatihan dapat diterima walaupun biaya diperlukan untuk menyediakan kinerja yang terbebas dari kesalahan.
Waktu untuk periode pelatihan dapat diterima walaupun biaya diperlukan untuk menyediakan kinerja yang terbebas dari kesalahan.
Kepuasan bukan hal yang terpenting
Contoh:
Pengendalian lalu lintas udara, reaktor nuklir, perusahaan
listrik, sistem pengiriman pemadam kebakaran dan polisi, peralatan medikal.
- Industrial and commercial systems
Kesalahan relatif terhadap biaya.
Kecepatan kinerja terpenting
karena mempengaruhi jumlah transaksi.
Kepuasan subjektif
lumayan penting untuk membatasi jumlah kerja operator.
Contoh :
Perbankan, asuransi,
catatan pemesanan, pengaturan penyimpanan, reservasi, pembiayaan, dan sistem
point-of-sale.
- Office, Home and Entertainment Applications:
Aplikasi harus mudah digunakan dan juga disediakan bantuan secara online
Contoh :
Word processing,
e-mail, computer conferencing, sistem game, paket edukasi, search engine, dll.
Universal Usability
Universal Usability
Karena beraneka ragam kemampuan manusia, latar belakang,
motivasi, kepribadian, budaya, dan gaya kerja merupakan sebuah tantangan untuk
sang perancang interface.
Rethinking (pemikiran ulang), Designer mempertimbangan untuk user yang cacat, user yang tua, user yang muda dan sebagainya termasuk perbedaan hardware dan software yang mungkin dipakai pengguna.
Rethinking (pemikiran ulang), Designer mempertimbangan untuk user yang cacat, user yang tua, user yang muda dan sebagainya termasuk perbedaan hardware dan software yang mungkin dipakai pengguna.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar