Senin, 21 Oktober 2013

Topic 3 - Managing Design Processes


Desain merupakan sebuah kegiatan yang kreatif

Tujuannya adalah untuk membentuk objek, proses, layanan dan sistemnya dalam sebuah siklus melingkar yang berkualitas dari segala segi.

Desain bersifat tidak dapat diprediksi atau di duga.



Empat Pilar Design



User Interface Requirements
Merencanakan kebutuhan user-interface adalah bagian dari keseluruhan pengembangan kebutuhan dan proses pengaturan.

Guidelines Documents and Processes
Pedoman harus dipertimbangkan untuk :
  1. Kata, tanda, dan grafik
  2. Isu penataan layar
  3. Perangkat input dan output
  1. Tahapan tindakan
  2. Pelatihan
User-Interface Software Tools
agar tidak mengalami kesulitan dalam mendesain sistem interaktif, konsumen atau pengguna mungkin tidak memiliki gambaran yang jelas mengenai rupa sistem ketika selesai dibuat maka memerlukan user interface software tools untuk mempermudah.
Alat-alat canggih seperti Java milik Sun menyediakan kemampuan pengembangan antar platform dan layanan yang bervariasi.


Expert Reviews and Usability Testing
tambahan untuk metode peninjauan melalui percobaan, survei, dan peralatan analisis adalah hal yang sangat berarti.

Contoh metode pengembangan :
The Rapid Contextual Design Method (Holtzblatt et al)
langkah-langkah:
  1. Penyelidikan kontekstual
  2. Sesi interpretasi dan pemodelan kerja
  3. Penggabungan model dan pembentukan diagram afinitas
  4. Pemgembangan diri
  1. Visioning (menentukan tujuan)
  2. Storyboarding (menentukan situasi / cerita)
  3. Desain lingkungan pengguna
  4. Wawancara dan evaluasi dengan prototype kertas dan mock-ups (simulasi)

    Pengamatan Etnografik Persiapan
    Membiasakan diri dengan sistem dan sejarahnya
    Menentukan tujuan dan mempersiapkan pertanyaan
    Mendapatkan akses dan permintaan untuk wawancara / pengamatan

    Studi Lapangan
    Menjalin hubungan dengan pengguna
    Mewawancarai pengguna dalam lingkungan kerja mereka
    Mengumpulkan data kuantitif

    Analisis
    Kompilasi data yang terkumpul bisa dalam database numerik, tekstual dan multimedia
    Melakukan pengukuran data
    menafsirkan data
    Mendalami tujuan dan proses yang dilakukan

    Pelaporan
    Mempersiapkan sebuah laporan dan presentasikan hasilnya

    Desain partisipatori



Tidak ada komentar :

Posting Komentar